Kompas.com - 14/06/2013, 15:20 WIB
EditorErvan Hardoko

MANILA, KOMPAS.com — Sebuah kapal feri yang mengangkut 60 orang penumpang tenggelam di perairan Filipina tengah sehingga menyebabkan setidaknya dua orang tewas dan 13 lainnya hilang.

Kapal MV Lady of Mount Carmel tenggelam di dekat Pulau Burias pada 05.00 pagi waktu setempat, Jumat (14/6/2013).

Penjaga pantai setempat mengatakan, sebanyak 34 orang telah diselamatkan, tetapi yang lain masih hilang. Penjaga pantai dan angkatan laut terus mencari korban selamat.

Penyebab tenggelamnya kapal tersebut masih belum jelas. Kapten kapal mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa cuaca di laut termasuk tenang ketika kecelakaan itu terjadi.

Kepala pertahanan sipil daerah, Raffy Alejandro, mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa menurut kapten kapal, sebagian besar penumpang mengenakan jaket penyelamat.

"Kami berharap banyak yang akan diselamatkan. Kami mampu merespons dengan cepat," katanya.

Kecelakaan maritim adalah kejadian yang umum di kepulauan Filipina karena cuaca tropis dan buruknya pengaturan penumpang serta lemahnya penegakan peraturan keselamatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bencana maritim terburuk di dunia terjadi di Filipina pada bulan Desember 1987. Lebih dari 4.000 orang tewas ketika feri Dona Paz bertabrakan dengan kapal tanker.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.