Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalah dari Kebun Binatang Singapura, Basuki Ancam Copot Kepala UPT Ragunan

Kompas.com - 14/06/2013, 12:36 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memberi isyarat akan mengganti Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ragunan karena kebun binatang yang semakin tidak terawat. Rencananya, Pemprov DKI juga akan menurunkan pengawas di Ragunan.

"Kalau dari hasil rapatnya membuktikan bahwa UPT-nya harus diganti, kita segera ganti," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Jumat (14/6/2013).

Ragunan yang berdiri di atas lahan seluas 120 hektar itu seharusnya dapat menampung dan merawat hewan-hewan. Namun, fakta yang terjadi di lapangan, hewan itu justru tak terawat dan popularitas Kebun Binatang Ragunan kalah dari Kebun Binatang Taman Safari dan kebun binatang yang berada di Singapura.

"Masa kita kalah sama Singapura, sih? Masa kita kalah sama Taman Safari. Bayangkan di tengah kota ada 120 hektar, lahan itu luas sekali, lho," kata Basuki.

Pemprov DKI telah memberikan subsidi melalui APBD DKI setiap tahunnya sebesar Rp 40 miliar untuk makanan dan minum hewan, tetapi tidak terlihat jelas penggunaannya. Oleh karena itu, Ahok, sapaan akrab Basuki, sedang menjajaki kerja sama dengan Taman Impian Jaya Ancol (TIJA) atau Taman Safari untuk membuat program Safari Night.

"Kita sedang pikirkan itu. Bayangkan di tengah kota ada lahan seluas 120 hektar, artinya Ragunan itu sangat istimewa, tapi dikelolanya tidak benar," tutur Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com