Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Murdoch Bercerai dengan Wendi Deng

Kompas.com - 14/06/2013, 09:35 WIB
Harry Bhaskara

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com — Rupert Murdoch, pemilik kerajaan media asal Australia, menceraikan istrinya, Wendi Deng, yang berasal dari China setelah mereka hidup dalam perkawinan selama 14 tahun.

Murdoch mengajukan perceraian di pengadilan tinggi New York dengan alasan bahwa hubungannya dengan Wendi telah berakhir dan tak mungkin diperbaiki.

Perceraian itu tak akan berpengaruh pada saham keluarga Murdoch di News Corporation, di mana Murdoch, 82 tahun, masih duduk sebagai ketua dan CEO, tulis harian The Wall Street Journal, Kamis (13/6/2013).

Hampir seluruh saham keluarga Murdoch dari konglomerat media News Corp yang memiliki jaringan media, termasuk Fox News, 20th Century Fox, dan The Wall Street Journal, sebanyak 38,4 persen disimpan oleh Murdoch Family Trust. Saham keluarga ini diperuntukkan bagi keenam anak Murdoch, termasuk dua gadis kecil, Grace dan Chloe, hasil perkawinan dengan Wendy.

Hubungan Murdoch dan Wendi dilaporkan sudah memburuk beberapa tahun terakhir ini. Perceraian itu terjadi beberapa minggu sebelum News Corp dibagi menjadi dua perusahaan. Pertama, perusahaan penerbitan yang tetap memakai nama News Corp; yang kedua, perusahaan yang mengurus aset film dan televisi yang diberi nama 21st Century Fox. Kendali terhadap perusahaan ini berada di tangan keluarga Murdoch.

Baru-baru ini News Corp tersangkut skandal praktik kurang etis dalam penggunaan telepon di Inggris untuk mencari berita hangat. Pada suatu sidang parlemen di Inggris bulan Juli 2011, Wendi melompat ke arah seorang pemrotes yang melempari Murdoch dengan kue pastel. Wendi berhasil menampar muka pemrotes. Peristiwa itu mengundang reaksi anggota parlemen yang mengatakan kepada Murdoch, "Hook kiri istri Anda ampuh."  

Murdoch menikahi Wendi yang 38 tahun lebih muda pada tahun 1999 setelah menceraikan istri keduanya, Anna, yang dinikahinya selama 32 tahun. Pernikahan Murdoch dan Wendi dirayakan di atas sebuah yacht di pelabuhan New York dan dihadiri oleh keempat anaknya dari perkawinan pertama dan kedua.

Sebelumnya, Wendi bekerja di Star TV di Hongkong. Pada tahun 2011 Wendi menjadi sutradara film Snow Flower and the Secret Fan (Bunga Salju dan Kipas Rahasia) tentang anak-anak di China pada abad ke-19 yang kakinya dibalut. Murdoch kini menetap di Amerika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com