Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paul Rombeek: Percuma Murah kalau Terlambat

Kompas.com - 13/06/2013, 19:03 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Presdir PT Mandala Airlines Paul Rombeek mengaku, persaingan maskapai penerbangan di Indonesia sangat ketat. Namun, pihaknya yakin ingin menjadi peringkat tiga besar di dunia penerbangan Indonesia.

"Kami masih kecil, armada kami baru delapan. Secara pasar kami baru menguasai satu persen pasar domestik dan kurang dari empat persen untuk pasar internasional," tutur Paul saat berkunjung ke kantor Kompas.com, Jakarta, Rabu (12/6/2013).

Ia mengaku, sebagai maskapai budget rendah, persaingannya sangat ketat di Indonesia. Oleh karena itu, salah satu strategi yang diusung adalah fokus pada pelanggan.

"Keamanan adalah hal penting bagi kami. Walau maskapai budget rendah, kami tidak mau berkompromi soal perawatan. Kami menggunakan tim perawatan dari Singapura Airlines yang tergolong mahal, tapi salah satu yang terbaik," ucap Paul.

Selain itu, ketepatan waktu juga menjadi pertimbangan pihak maskapai untuk memberikan pelayanan terbaik. "Anda bisa saja dapatkan tiket murah, tetapi jadi masalah kalau terlambat melulu dan tidak aman," kata Paul.

Mandala, lanjut Paul, juga ingin lebih mengembangkan pelayanan bagi pelanggan. Misalnya call center yang lebih mudah dihubungi sampai urusan bagasi. "Kami ingin kembangkan ini. Ada banyak maskapai yang menawarkan hal sama, yaitu tarif murah, tapi kami ingin berbeda di pelayanan," tambah Paul Rombeek.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com