Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Ragunan Dikelola Tidak Benar, padahal Disubsidi Rp 40 M

Kompas.com - 13/06/2013, 15:07 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menuding Kebun Binatang Ragunan tidak dikelola secara baik. Menurut Basuki, pengelolaan Kebun Binatang Surabaya (KBS) masih jauh lebih baik.

"Bayangkan saja di tengah kota, dengan tanah 120 hektar, berarti sangat istimewa Ragunan itu. Tapi, dikelolanya tidak benar dan kalah sama Kebun Binatang Surabaya," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Kamis (13/6/2013).

Saat wartawan bertanya terkait jumlah hewan di Ragunan yang telah mati, Basuki belum mendapatkan laporannya. Namun, menurut mantan Bupati Belitung Timur itu, hal tersebut merupakan hal yang tak wajar. Sebab, Pemprov DKI telah memberikan subsidi kepada Kebun Binatang Ragunan sebesar Rp 40 miliar dan fasilitas pendukung lainnya.

Pria yang akrab disapa Ahok itu justru mengungkapkan kalau Taman Impian Jaya Ancol berencana memperluas wisata edukasi hingga Kebun Binatang Ragunan. Kebun Binatang Ragunan akan dibuat seatraktif Taman Safari.

"Kita malah berpikir untuk bekerja sama dengan Ancol dan Taman Safari Bogor untuk Safari Night. Kita sedang pikirkan itu," kata Basuki.

Selain itu, Ancol juga akan membangun pantai publik di Marunda. Pantai ini diharapkan menjadi sarana hiburan yang juga mengajarkan warga untuk mencintai lingkungan. Kendati demikian, Basuki mengaku belum mengetahui kapan program ini dapat diimplementasikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com