Kompas.com - 13/06/2013, 14:19 WIB
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com — Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Johor Bahru, Malaysia, membenarkan bahwa sembilan warga negara Indonesia (WNI) ditangkap patroli Maritim Johor karena memasuki wilayah negara itu tanpa dilengkapi dokumen imigrasi yang legal. Kesembilan orang itu kini sudah dijatuhi hukuman lima bulan penjara.

Dalam pernyataan pers yang diterima Kompas.com dari KJRI Johor Bahru, Kamis (13/6/2013), kesembilan orang tersebut ditangkap pada Minggu (9/6/2013) sekitar pukul 01.00 waktu setempat, saat hendak melintas dari perairan Batam menuju perairan Johor, tepatnya di perairan Tanjung Ayam, Johor.

Minister Counsellor Pensosbud KJRI Johor Bahru Djudjur SH Hutagalung mengatakan, berdasarkan pendataan, kesembilan orang tersebut merupakan WNI asal Batam.

Mereka bernama Adi Chandra, Supriyadi, Diky Gunawan, Sharoman, Saiful Nizam, Irmansyah, Suhardi, Hengki Siagian, dan Saibun.

"Pihak KJRI sudah menjumpai pihak Maritim Johor guna memastikan kewarganegaraan dan mengetahui kesehatan mereka dalam keadaan baik sambil melakukan pendataan sesuai ketentuan," jelas Djudjur.

Djudjur mengatakan, KJRI membantu kesembilan orang itu untuk mendapatkan kesempatan menghubungi keluarga masing-masing.

"KJRI juga melakukan beberapa upaya hukum untuk membantu mereka menjalani pemeriksaan. Kami akan melakukan pendampingan sesuai hukum sampai dengan masa persidangan," kata dia.

Pada Selasa (11/6/2013), hakim Mahkamah Kota Tinggi menjatuhkan hukuman lima bulan kurungan penjara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.