Kompas.com - 12/06/2013, 18:27 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com  Pemogokan karyawan lalu lintas udara di bandar-bandar udara Perancis mulai merepotkan. Soalnya, tulis AP pada Rabu (12/6/2013), banyak penerbangan mengalami penundaan. Tercatat, hingga hari kedua pemogokan, sebanyak 1.800 penerbangan tertunda. Angka ini adalah separuh dari jumlah lazim penerbangan sehari-hari di Perancis.

Rupanya, tak hanya Perancis yang terkena getah pemogokan. Laporan dari otoritas di Inggris menunjukkan kalau negeri itu ikut-ikutan terkena imbas. Maskapai penerbangan Easy Jet, misalnya, hari ini menunda 66 penerbangannya yang terkait langsung maupun tidak dengan destinasi di Perancis.

Pemogokan karyawan lalu lintas udara berangkat dari upaya Uni Eropa untuk menyederhanakan sistem pengelolaan lalu lintas udara di benua itu. Penyederhanaan itu ternyata membuat tugas-tugas pengaturan yang sedianya dilakukan pemerintah beralih ke perusahaan swasta. Kalau hal itu terjadi dan meluas, perampingan karyawan adalah risiko yang menghadang.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.