Kompas.com - 12/06/2013, 13:30 WIB
EditorErvan Hardoko

TOKYO, KOMPAS.com — Pria tertua di dunia, Jiroemon Kimura, dari Jepang meninggal. Ia telah menyaksikan perubahan dunia selama hampir tiga generasi.

Jiroemon Kimura lahir pada tahun 1897 dan tutup usia pada Rabu (12/6/2013) seperti yang dilaporkan kantor berita Kyodo News di Jepang.

Jiroemon, yang berasal dari Kyotango dekat Kyoto, pernah tercatat dalam Guinness Worlds Records sebagai menusia tertua yang masih hidup di dunia pada 2012, mengalahkan seorang perempuan di Amerika Serikat yang meninggal pada usia 115 tahun.

Namun, ia tidak berhasil menyabet rekor dunia sebagai manusia tertua karena saat ini rekornya masih dipegang perempuan Perancis, Jeanne Calment, yang meninggal pada usia 122 tahun.

Saat merayakan ulang tahunnya ke-116, Jiroemon mendapatkan hadiah spesial, yakni video berisi ucapan selamat ulang tahun dari Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Jiroemon memiliki tujuh anak, 14 cucu, 25 cicit, dan 14 buyut. Semasa hidupnya, Jiroemon bekerja di kantor pos selama 40 tahun.

Setelah pensiun, ia menjadi petani hingga usia 90 tahun.

Usia panjang Jiroemon, juga 94 orang lainnya yang kini berusia 100 tahun, telah membuat kota Kyotango menjadi tempat penelitian untuk mencari tahu apa rahasia panjang umur para orang tua ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.