Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Kerusuhan KJRI Jeddah Dimakamkan di Arab Saudi

Kompas.com - 12/06/2013, 09:51 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.COM - Marwah binti Hasan (58) tewas di tengah kerusuhan yang terjadi di Konsulat Jendral RI di Jeddah, Arab Saudi, Minggu (9/6/2013). Jenazah perempuan asal Bangkalan, Madura, Jawa Timur ini dipastikan akan dimakamkan di Arab Saudi.

Pelaksana Tugas Konsul Jenderal RI di Jeddah, Sunarko, memastikan Marwah dimakamkan di Arab Saudi tetapi belum dipastikan di kota apa. "Pilihannya di Makkah atau Madinah," sebut dia, ketika dihubungi Kompas melalui telepon, Selasa (11/6/2013) malam.

Sunarko mengatakan keluarga Marwah, baik putranya yang mendampingi ketika insiden terjadi maupun keluarga di Indonesia, menyatakan telah mengikhlaskan kepergian Marwah. "Anaknya yang kemarin mendampingi mengaku sudah ikhlas sementara keluarganya di Indonesia juga berpendapat lebih baik segera dimakamkan di sana (Arab, red)," ujar dia.

Pemerintah, imbuh Sunarko, pada prinsipnya siap memfasilitasi kalaupun keluarga menghendaki almarhumah dipulangkan dan dimakamkan di Tanah Air. Marwah tewas di tengah kerusuhan yang dipicu membludaknya pemohon Surat Perjalanan Laksana Parpor (SPLP). Pada saat kejadian, diperkirakan 12.000 pekerja berada di halaman KJRI Jeddah.

Sejumlah kalangan menilai KJRI tidak siap mengantisipasi lonjakan tersebut. Pemerintah Arab Saudi sebelumnya mengumumkan kebijakan pemberian amnesti bagi para pendatang dan pekerja ilegal yang ada di negeri itu. Tenggat waktu amnesti adalah 3 Juli mendatang. Mereka yang mengurus akan dibebaskan dari sanksi denda maupun penjara untuk pelanggaran keimigrasian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com