Kompas.com - 12/06/2013, 08:58 WIB
EditorErvan Hardoko

ATHENA, KOMPAS.com — Pemerintah Yunani, Selasa (11/6/2013), memutuskan untuk menutup televisi dan radio pemerintah ERT demi penghematan anggaran. Keputusan mengejutkan ini akan memengaruhi sedikitnya 2.700 pekerja.

Ribuan orang bergegas menuju kantor pusat lembaga penyiaran publik itu di wilayah utara Athena setelah mendengar pengumuman pemerintah itu untuk menunjukkan dukungan.

"ERT adalah salah satu contoh kurangnya transparansi dan pemborosan besar-besaran. Ini akan berakhir sekarang," kata juru bicara pemerintah, Simos Kedikoglou, dalam sebuah jumpa pers.

Pernyataan pemerintah ini muncul setelah beberapa bulan terakhir ini karyawan ERT melakukan pemogokan untuk melawan rencana restrukturisasi lembaga penyiaran itu seperti diminta para pemberi utang untuk Yunani.

Kedikoglou mengatakan, ERT akan kembali beroperasi dengan format baru dan jumlah karyawan yang jauh lebih sedikit.

"Ini sangat mengagetkan," kata wartawan ERT, Pantelis Gonos.

"Kami sudah menghubungi kuasa hukum dan organisasi media internasional," lanjut Gonos.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

ERT sempat tetap melakukan siarannya bersamaan dengan semakin bertambahnya pendukung yang berkumpul di luar kantor pusatnya.

Namun, tak lama setelah waktu menunjukkan pukul 20.00 GMT atau 05.00 WIB seluruh siaran terputus. Menurut kantor berita Athens News Agency, penghentian siaran sudah dimulai sejak pukul 19.00.

"Polisi naik ke puncak bukit mengamankan orang-orang kami yang mengurus pemancar," kata Nikor Roukounakis, teknisi yang sudah 30 tahun bekerja untuk ERT.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.