Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Seattle Mencoba Hidup Tanpa Makan

Kompas.com - 12/06/2013, 08:08 WIB

SEATTLE, KOMPAS.com - Naveena Shine (65), perempuan warga Seattle kelahiran Inggris, mencoba membuktikan bahwa manusia dapat hidup tanpa makanan. Sebagai bukti, dia memasang kamera di setiap ruangan di rumahnya untuk memperlihatkan kepada publik bahwa dia tidak makan sejak 3 Mei lalu.

Stasiun televisi KOMO-TV memberitakan, Shine menjalani diet ketat dengan hanya minum air, teh, dan sedikit susu. ”Tujuan saya adalah memberi bukti, seandainya mungkin, bagi manusia untuk hidup, berkembang, dan berkegiatan sehari-hari tanpa makanan padat. Ini adalah penghematan untuk bumi,” ujar Shine.

Ia mengatakan, kamera-kamera di rumahnya merekam kegiatannya selama 24 jam sehari. Kalau harus bepergian, dia selalu membawa kamera portabel. ”Pasti ada suatu titik, yang menentukan apakah Anda akan kelaparan dan mati, atau menciptakan cara hidup yang baru,” ujarnya.

Dokter Rich Lindquist dari Rumah Sakit Swedia mengatakan, Shine mungkin bisa bertahan hingga tiga bulan hanya dengan minum teh dan air. ”Orang dapat bertahan hidup hingga beberapa waktu, tetapi orang tetap membutuhkan makanan untuk hidup. Untuk waktu lebih lama, jika Anda tidak makan, Anda akan meninggal dunia,” ujar Lindquist.

Shine mengatakan, dia akan menghentikan eksperimen itu jika merasa kesehatannya dalam bahaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com