Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paris Perketat Keamanan Lindungi Turis

Kompas.com - 12/06/2013, 07:48 WIB
Pieter P Gero

Penulis

PARIS, KOMPAS.com — Polisi Paris, Perancis, Selasa (11/6/2013), menegaskan akan memperketat penjagaan keamanan dan mengambil langkah tegas guna mengatasi aksi kriminal terhadap para turis di Paris. Ibu kota Perancis ini menjadi tujuan wisata turis mancanegara karena merupakan salah satu kota tujuan wisata nomor satu di dunia.

Kantor berita AP hari Selasa melaporkan, Paris yang tahun lalu berhasil menarik 29 juta turis mancanegara belakangan ini mencatat peningkatan aksi kriminal berupa copet, pencurian bersenjata, bahkan aksi penyerangan terhadap para turis. Kondisi ini menimbulkan ancaman dan perhatian petugas keamanan dan juga membuat kalangan turis mancanegara mulai waswas datang ke sana.

Sekitar 200 polisi kini mulai dikerahkan ke pusat turis di Paris sejak bulan April. Tempat kunjungan turis utama, seperti Katedral Notre Dame, Champs-Elysees, Museum Louvre, dan kawasan Montmartre, begitu juga kereta api bawah tanah alias metro dan stasiun kereta api menjadi target pengawasan polisi. Kini pesan peringatan bagi para turis berkaitan dengan banyak pencopet didengungkan dalam bus umum antara Bandara Charles de Gaulle dan pusat kota. Pesan ini disampaikan dalam bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, dan Jepang.

Demikian juga pesan ini muncul di stasiun metro. Namun, kini pesan peringatan ini bisa juga diakses bagi turis Rusia, Korea, dan China. Kedubes China belakangan ini mengajukan keberatan karena semakin banyak warga China yang menjadi turis di Paris kecopetan. Warga China dikenal sebagai turis kaya-raya dengan membawa sejumlah besar uang tunai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com