Cara Jerman Hadapi Banjir Kiriman

Kompas.com - 12/06/2013, 03:59 WIB
Editor

Oleh: Gitanyali Ratitia 
Kompasiana: gitanyali

Memasuki bulan Juni 2013, musibah banjir melanda Eropa Tengah. Hujan lebat yang turun tanpa henti menyebabkan sungai-sungai meluap. Sedikitnya 18 orang meninggal dunia akibat banjir.

Salah satu negara Eropa Tengah yang dilanda banjir adalah Jerman. Banjir di Jerman adalah banjir kiriman dari Ceko yang mengalir melalui Sungai Elbe, menyebabkan debit air sungai naik meski hujan hanya turun rintik-rintik. Mirip seperti kondisi Jakarta saat mendapat kiriman air hujan dari Bogor.

Meskipun tergolong bencana besar, dampak banjir tidak meluas karena pemerintah setempat sudah mengantisipasi musibah ini. Banjir yang melanda Jerman hanya mengenai rumah-rumah penduduk yang letaknya berdekatan dengan Sungai Elbe, khususnya di sisi kiri sungai. Sementara sisi kanan sungai, wilayahnya kering.

Antisipasi banjir dilakukan dengan melibatkan partisipasi warga. Sebelum banjir datang, tentara, pegawai pemadam kebakaran, dan warga sipil bekerja sama mengisi karung-karung dengan pasir untuk menahan luapan air Sungai Elbe masuk ke kota-kota. Petugas berjaga siang dan malam untuk memantau debit air. Para relawan juga turut membantu mengirimkan makanan.

Pompa-pompa bekerja sangat maksimal untuk memperkecil kemungkinan air meluber sampai ke trotoar dan rumah-rumah warga. Sementara itu, taman-taman dan jalan utama di sisi kanan dan kiri Sungai Elbe ditutup.

Sirene polisi dan peringatan tanda bahaya lebih sering terdengar di Mardeborg. Sementara itu, di sisi kiri sungai, pemerintah memerintahkan pengosongan rumah bagi penduduk yang rumahnya terendam. Ribuan orang dievakuasi untuk menghindari jatuhnya korban.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Begitulah cara Jerman mengantisipasi banjir. Semoga cara-cara tersebut diterapkan di Jakarta, salah satu kota langganan banjir besar. [http://kom.ps/AEelQC]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.