Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gorbachev Masuk Rumah Sakit

Kompas.com - 12/06/2013, 00:36 WIB
Pieter P Gero

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com — Tokoh reformasi Uni Soviet, Mikhail Gorbachev (82), dilaporkan masuk rumah sakit di Moskwa, Rusia. Namun, mantan Presiden Uni Soviet terakhir ini dilaporkan hanya melakukan cek kesehatan dan tidak mengalami gangguan kesehatan berarti.

Kantor berita AP hari Selasa (11/6/2013) mengutip juru bicara Gorbachev, Vladimir Polyakov, menegaskan, Gorbachev dilarikan ke rumah sakit di pinggiran Moskwa pada Selasa siang. Namun, Polyakov mengatakan, Gorbachev hanya menjalani pengecekan kesehatan rutin.

Meski demikian, Polyakov tidak merinci lebih jauh soal pengecekan apa yang harus dijalani pencetus glasnos dan perestroika ini. Sementara itu, pada akhir Maret 2013, Gorbachev sempat mengeluhkan gangguan kesehatan ketika memberikan kuliah umum.

Sebulan setelah keluhan kesehatan itu, Gorbachev juga tak hadir dalam pemakaman mantan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher. Alasan yang disampaikan saat itu adalah Gorbachev sakit.

Gorbachev bersama mendiang Thatcher dan mantan Presiden AS Ronald Reagan dikenal sebagai para tokoh yang mengakhiri Perang Dingin di Eropa dan dunia. Sejak bubarnya Uni Soviet pada 1991, Gorbachev menjalankan yayasan yang mengurusi politik, sosial, dan ekonomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com