Kompas.com - 11/06/2013, 22:27 WIB
EditorErvan Hardoko

BERLIN, KOMPAS.com — Pengadilan hubungan industrial di Jerman menyatakan, seorang penyelia bank tidak semestinya dipecat setelah banknya kehilangan jutaan euro akibat kekeliruan transaksi.

Kasus ini berawal dari permintaan transaksi senilai 64,20 euro.

Petugas bank yang melakukan transaksi ini mengantuk, sementara jari-jarinya masih berada di atas papan ketik, dan alih-alih mengetik angka 64,20 euro, ia mengetik angka 222.222.222,22 euro.

Kekeliruan ini membuat atasannya kemudian dipecat.

Tetapi, hakim di pengadilan ketenagakerjaan di negara bagian Hesse memutuskan bahwa penyelia ini diperingatkan saja, bukan dipecat.  

Dipekerjakan kembali

Kasus ini sendiri terjadi April 2012 ketika petugas bank yang menangani permintaan transfer tertidur, sementara jarinya menempel di tombol angka dua.

Atasannya, yang berusia 48 tahun dan telah bekerja di bank ini sejak 1986, mengatakan bahwa ia tidak menyadari ada kekeliruan dalam transaksi ini. Makanya, ia mengizinkan pengiriman uang tersebut.

Pegawai lain di bank ini melihat kekeliruan tersebut dan kemudian memasukkan angka yang benar.

Di pengadilan, bank mengatakan penyelia tersebut tidak bekerja secara profesional karena tidak memverifikasi transaksi yang dilakukan anak buahnya.

Para hakim tidak sependapat dengan argumentasi bank dan mengatakan penyelia ini tidak punya maksud jahat sama sekali.

Pengadilan juga memerintahkan bank agar penyelia ini dipekerjakan kembali.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.