Kompas.com - 11/06/2013, 13:41 WIB
|
EditorEgidius Patnistik

ISTANBUL, KOMPAS.com — Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan ternyata benar-benar melaksanakan ultimatumnya untuk mengakhiri aksi unjuk rasa di Alun-alun Taksim di Istanbul, Turki, dengan batas waktu hari Senin.

Hari Selasa (11/6/2013) pagi, aparat keamanan yang sehari sebelumnya telah ditarik dari alun-alun tersebut dikerahkan kembali. Menurut laporan wartawan Kompas, Musthafa Abd Rahman, dari Istanbul, aparat keamanan masuk kembali ke Alun-alun Taksim dan mulai menembakkan gas air mata ke arah para demonstran. Asap yang memedihkan mata pun mulai menyebar di kawasan sekitar alun-alun itu, membuat masyarakat, termasuk para wartawan, tercerai-berai. Dikhawatirkan, bentrokan antara demonstran dan aparat bisa segera terjadi.

Kantor berita Reuters melaporkan, selain polisi menembakkan gas air mata dan meriam air untuk membubarkan massa, polisi juga mencabut spanduk-spanduk antipemerintah yang dipasang di sebuah gedung di sisi lapangan. "Kami hanya ingin membersihkan spanduk-spanduk dan foto-foto dari patung Ataturk dan Pusat Budaya Ataturk. Kami tidak punya maksud lain," kata Gubernur Istanbul Huseyin Avni Mutlu di Twitter.

Aksi protes rakyat Turki ini bermula sebagai protes terhadap rencana pembangunan taman, tetapi dalam waktu beberapa hari, aksi merambat ke seluruh Turki dan rakyat menentang pemerintahan otoritarian pimpinan Erdogan. Hari Senin, Erdogan setuju untuk menemui para pemimpin unjuk rasa pada Rabu besok dan membicarakan jalan untuk meredakan krisis. Hingga saat ini tiga pengunjuk rasa tewas dan lebih dari 5.000 orang terluka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.