Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Turki Akan Menemui Pengunjuk Rasa

Kompas.com - 11/06/2013, 11:30 WIB

ANKARA, KOMPAS.COM - Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan, akan menemui penggagas unjuk rasa menentang pemerintahannya pada hari Rabu, kata wakilnya.

Bulent Arinc mengatakan Erdogan akan "mendengarkan pemikiran mereka", tetapi menambahkan bahwa protes ilegal tidak akan diizinkan.

Perdana Menteri mengambil sikap tegas terhadap pengunjuk rasa.

Gelombang aksi menentang pemerintah dipicu oleh penangkapan terhadap seorang pengunjuk rasa yang memprotes pembangunan taman di Istanbul oleh polisi. Aksi tersebut kemudian meluas, dan pengunjuk rasa menuduh pemerintahan Erdogan menjadi semakin otoriter dan berusaha menerapkan nilai-nilai Islam konservatif di sebuah negara sekuler.

Demonstrasi kini memasuki hari ke-11 dan massa menguasai sebagian besar Lapangan Taksim di kota Istanbul.

Ada pula laporan mengenai bentrokan paling baru pada Senin malam antara pasukan keamanan dan demonstran di Ankara. Selama tiga malam berturut-turut, polisi anti huru hara menembakkan meriam air untuk membubarkan demonstran di pusat kota, seperti dilaporkan kantor berita AFP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com