Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Penumpang China Tabrak "Benda Asing" di Udara

Kompas.com - 11/06/2013, 10:41 WIB

BEIJING, KOMPAS.com — Sebuah jet penumpang China terpaksa melakukan pendaratan darurat setelah sebuah tabrakan misterius dengan "benda asing" di udara pada ketinggian 26.000 kaki bikin penyok hidung jet itu. Bagian depan Boeing 757 milik Air China itu penyok parah. Ada goresan serta besotan cat yang terlihat jelas ketika pesawat itu kemudian mendarat.

Mail Online, Senin (10/6/2013), melaporkan, pesawat itu sedang mengudara di China ketika suara dentuman besar terdengar dari bagian depan pesawat. Pilot mengatakan, pesawat itu berjuang untuk terus terbang dan ia segera menelepon para pengendali lalu lintas udara. Pilot kemudian diizinkan untuk kembali ke bandara.

Para ahli mengatakan, penyelidikan terkait dugaan kecelakaan itu telah menimbulkan kecurigaan bahwa pesawat tersebut ditabrak benda asing. Namun, mereka tidak percaya bahwa hal itu disebabkan oleh serangan seekor burung karena tidak ada darah atau bulu burung yang terlihat pada moncong pesawat yang penyok tersebut. Kerusakan terlihat ketika pesawat, yang sedang melakukan perjalanan dari Chengdu ke Guangzhou, itu mendarat dengan aman.

Foto-foto tentang kondisi pesawat itu telah memicu spekulasi di media online bahwa hal itu disebabkan oleh UFO atau serangan pesawat tak berawak. Teori lain yang di-posting di Aviation Herald, Inggris, mencakup adanya tekanan udara yang berubah panas dan menyebar secara cepat.

Mantan penyidik UFO Pemerintah Inggris, Nick Pope, mengatakan kepada harian The Sun bahwa pemeriksaan terhadap hidung pesawat itu bisa mengungkapkan apa yang telah menghantamnya. Ia mengatakan, jejak apa pun yang bertabrakan dengan pesawat itu bisa terlihat. Namun, ia mempertanyakan apakah China yang tertutup akan mengungkapkan penyebabnya.

Tidak ada yang cedera dalam insiden misterius itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com