Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggul Sungai Elbe Kembali Jebol

Kompas.com - 11/06/2013, 02:48 WIB

Berlin, Senin - Sungai Elbe yang meluap kembali menyebabkan sebuah tanggul jebol, Senin (10/6) dini hari, dalam perjalanannya menuju ke Laut Utara. Akibatnya, pihak berwenang Jerman mengevakuasi 10 desa dan menutup salah satu rute kereta api utama negara itu.

Tanggul yang jebol terletak di Desa Fischbeck, sebelah barat Berlin. Aliran sungai yang sangat deras menyebabkan tanggul penahan arus di tepi sungai jebol sepanjang 10 meter. Dalam sekejap, tanggul yang jebol menjadi 50 meter. Pemerintah segera mewajibkan evakuasi bagi sedikitnya 500 warga desa itu dan desa- desa di sekitarnya.

Jebolnya tanggul itu juga menyebabkan perusahaan kereta api Jerman menutup sebuah jembatan dekat Fischbeck. Jembatan itu merupakan salah satu jembatan utama yang menghubungkan Berlin dengan Koln, Frankfurt, dan Amsterdam.

Saat aliran Sungai Elbe bergerak ke utara, muka air sungai yang melewati kota Magdeburg, ibu kota Negara Bagian Saxony- Anhalt, mulai turun. Namun, lebih dari 23.000 warga kota dan sekitarnya belum mendapat lampu hijau untuk pulang ke rumah setelah sebelumnya tingkat muka air Sungai Elbe naik hampir empat kali daripada tingkat normal.

Ketinggian muka air sungai di Magdeburg turun menjadi 7,30 meter, Senin, setelah mencapai 7,48 meter sehari sebelumnya. Namun, pemerintah lokal tetap cemas karena tingkat normalnya sekitar 2 meter.

”Keadaan di Magdeburg telah terkontrol. Namun, belum saatnya menarik napas lega atau melepas kesiagaan,” kata seorang juru bicara gugus tugas darurat kota.

Hujan lebat selama beberapa pekan di akhir musim semi ini menyebabkan sungai-sungai besar di Eropa tengah, seperti Elbe, Danube, Vltava, dan Saale, meluap. Banjir menggenangi wilayah yang sangat luas dan menimbulkan kerusakan di Jerman timur dan selatan, Ceko, Austria, Slowakia, dan Hongaria. Kantor berita Associated Press mencatat sedikitnya 21 korban tewas.

Sementara itu, warga ibu kota Hongaria, Budapest, mulai bisa menarik napas lega. Setelah mengkhawatirkan hal terburuk, banjir di Budapest secara perlahan surut seiring dengan surutnya muka air Sungai Danube. Keadaan di Budapest kembali normal. Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban mengatakan, fokus pemerintah bergeser ke lokasi yang berisiko tinggi terkena banjir di selatan negara itu. (AFP/AP/DI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com