Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dewan Pengawal Revolusi Iran Bantah Coret Capres Moderat

Kompas.com - 10/06/2013, 23:19 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com — Dewan Pengawal Revolusi Iran, Senin (10/6/2013), membantah tengah mempertimbangkan untuk mencoret salah satu calon presiden moderat menjelang pemilihan presiden pada 14 Juni mendatang.

Pernyataan Dewan ini sekaligus membantah pemberitaan media yang melaporkan bahwa hanya satu dari dua kandidat moderat yang akan mengikuti pemilihan presiden.

"Setelah melakukan penilaian lebih lanjut terkait para kandidat, maka kami membantah hal tersebut (mencoret salah satu kandidat)," demikian kantor berita IRNA mengutip Abbas Ali Kadkhodai, dari Dewan Pengawal Revolusi Iran.

Meski demikian, Kadkhodai menambahkan, Dewan tetap memiliki wewenang mengevaluasi dan mengawasi para kandidat sesuai dengan undang-undang pemilu Iran.

Sebelumnya media massa Iran ramai memberitakan salah satu kandidat dari golongan moderat Hassan Rohani berpeluang besar dicoret dari daftar kandidat presiden.

Penyebabnya, dalam sebuah debat yang disiarkan televisi, Rohani dianggap membeberkan sejumlah informasi rahasia terkait program nuklir Iran.

Bulan lalu, Dewan Pengawal Revolusi Iran membuat kejutan setelah mencoret nama mantan presiden Akbar Hashemi Rafsanjani yang akan mencalonkan diri.

Sejumlah kalangan menilai langkah Dewan ini adalah sebuah cara menyingkirkan seorang calon independen yang berpeluang besar bisa melawan kekuasaan pemimpin spiritual Ayatollah Ali Khamenei.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com