Kompas.com - 10/06/2013, 23:19 WIB
EditorErvan Hardoko

TEHERAN, KOMPAS.com — Dewan Pengawal Revolusi Iran, Senin (10/6/2013), membantah tengah mempertimbangkan untuk mencoret salah satu calon presiden moderat menjelang pemilihan presiden pada 14 Juni mendatang.

Pernyataan Dewan ini sekaligus membantah pemberitaan media yang melaporkan bahwa hanya satu dari dua kandidat moderat yang akan mengikuti pemilihan presiden.

"Setelah melakukan penilaian lebih lanjut terkait para kandidat, maka kami membantah hal tersebut (mencoret salah satu kandidat)," demikian kantor berita IRNA mengutip Abbas Ali Kadkhodai, dari Dewan Pengawal Revolusi Iran.

Meski demikian, Kadkhodai menambahkan, Dewan tetap memiliki wewenang mengevaluasi dan mengawasi para kandidat sesuai dengan undang-undang pemilu Iran.

Sebelumnya media massa Iran ramai memberitakan salah satu kandidat dari golongan moderat Hassan Rohani berpeluang besar dicoret dari daftar kandidat presiden.

Penyebabnya, dalam sebuah debat yang disiarkan televisi, Rohani dianggap membeberkan sejumlah informasi rahasia terkait program nuklir Iran.

Bulan lalu, Dewan Pengawal Revolusi Iran membuat kejutan setelah mencoret nama mantan presiden Akbar Hashemi Rafsanjani yang akan mencalonkan diri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejumlah kalangan menilai langkah Dewan ini adalah sebuah cara menyingkirkan seorang calon independen yang berpeluang besar bisa melawan kekuasaan pemimpin spiritual Ayatollah Ali Khamenei.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.