Kompas.com - 10/06/2013, 23:05 WIB
EditorErvan Hardoko

KUWAIT CITY, KOMPAS.com — Sebuah pengadilan di Kuwait, Senin (10/6/2013), menjatuhkan hukuman penjara 11 tahun kepada seorang perempuan yang dinyatakan bersalah karena menghina Emir Kuwait lewat Twitter.

Huda Al-Ajmi, guru berusia 37 tahun itu, juga dinyatakan bersalah mencoba menggulingkan pemerintah dan menyalahgunakan telepon genggam.

Meski vonis sudah jatuh, Al-Ajmi masih bisa mengajukan banding di pengadilan tinggi dan mahkamah agung.

Ia masih harus menjalani masa hukuman, sementara proses banding ditangani.

Beberapa pihak mengatakan bahwa ini adalah vonis terberat yang dijatuhkan kepada aktivis internet di Kuwait, sejak pemerintah mulai mengetatkan kontrol atas berbagai kegiatan aktivis di internet Oktober lalu.

Dalam beberapa bulan terakhir, pengadilan di Kuwait telah menghukum beberapa pengguna Twitter karena dinilai menghina penguasa negara tersebut, Sheikh Sabah al-Ahmad al-Sabah.

Aktivis oposisi, Rashed al-Enezi, mendekam di penjara sejak Januari lalu karena sejumlah tweet-nya dianggap melecehkan emir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia divonis 20 bulan penjara dan masih diadili untuk dua kasus lain yang serupa.

Pada April lalu, pemimpin oposisi dan bekas anggota parlemen, Mussallam al-Barrak, divonis lima tahun penjara karena pernyataannya di satu rapat terbuka.

Menghina emir termasuk pelanggaran hukum di Kuwait dan pelakunya bisa dihukum penjara maksimum selama lima tahun.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.