Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perekonomian Jepang Tumbuh 4,1 Persen

Kompas.com - 10/06/2013, 20:42 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Ekonomi Jepang berkembang lebih cepat dari perkiraan sebelumnya dalam tiga bulan pertama tahun ini. Data dari Kantor Kabinet menunjukkan pertumbuhan yang dicapai oleh negara tersebut pada triwulan I-2013 mencapai 4,1 persen pada Januari-Maret.

Pertumbuhan itu tercatat lebih tinggi dari perkiraan awal, sebesar 3,5 persen. Angka pertumbuhan tersebut muncul beberapa hari setelah Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengumumkan paket ketiga kebijakan ekonominya.

Sejak memenangkan pemilihan umum pada Desember 2012, Shinzo Abe berjuang keras untuk memperbaiki keadaan ekonomi negaranya, termasuk berjuang melawan inflasi melalui kebijakan ekonomi yang terkenal dengan sebutan 'Abenomics'.

Kebijakan tersebut berhasil menekan nilai tukar yen hingga melemah 20 persen sejak November. Kondisi tersebut memberi stimulus bagi eksportir lantaran produk mereka lebih kompetitif dipasar ekspor. Hal itu sekaligus mampu mendongkrak indeks di bursa Tokyo.

Atas keberhasilan Jepang mengerek pertumbuhan ekonominya itu, para analis menilai saat ini perekonomian negara Matahari Terbit ini berada dalam jalur yang benar. "Revisi ke atas sudah terbukti, bahwa perekonomian Jepang saat ini berada pada jalur yang benar," ujar Hideki Matsumura, ekonom senior pada  Japan Research Institute, Senin (10/6/2013).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com