Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Yaman Tangkap Bos Al Qaeda

Kompas.com - 10/06/2013, 20:14 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Pihak militer Yaman menangkap bos Al Qaeda dari Provinsi Hadramaout, Omar Ashour. "Omar Ashour memimpin Al Qaeda di kota Ghayl," kata pernyataan petugas Kementerian Pertahanan Yaman sebagaimana warta Xinhua pada Senin (10/6/2013).

Menurut kementerian tersebut, militer Yaman sebelumnya juga sudah mencokok anak laki-laki Omar Ashour, Abdullah. "Kala itu, keduanya mencoba melarikan diri dari kota tersebut," kata Kementerian Pertahanan.

Selain keduanya, militer Yaman juga sudah menangkap empat anggota Al Qaeda dalam aksi baku tembak di Ghayl Bawazir. Dalam insiden itu, dua tentara tewas dan tujuh lainnya terluka. "Militer masih melakukan operasi di Ghayl Bawazir memerangi teroris," kata Kementerian Pertahanan.

Operasi militer di Ghayl Bawazir sudah berlangsung sejak seminggu silam. Kota itu letaknya 30 kilometer di Timur Mukalla, ibu kota Provinsi Hadramout.

Data Kementerian Pertahanan menunjukkan, sejak operasi tersebut dilancarkan, sebanyak 11 orang tewas terbunuh di kedua pihak. "Militer sampai kini sudah menangkap sepuluh anggota Al Qaeda," kata kementerian itu.

Sebulan silam, lusinan anggota Al Qaeda menguasai sebuah desa kecil di Ghayl Bawazir. Kejadian itu berujung pertempuran terbuka antara pasukan teroris itu dengan militer Pemerintah Yaman.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com