Kompas.com - 10/06/2013, 19:34 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Persidangan terhadap mantan Presiden Mesir Hosni Mubarak akan digelar kembali pada Sabtu (6/7/2013) di Kairo. Menurut warta AP pada Senin (10/6/2013), persidangan itu akan disiarkan langsung oleh televisi Pemerintah Mesir.

Dalam persidangan itu kelak, dakwaan untuk Mubarak adalah pembunuhan terhadap para pemrotes dalam unjuk rasa antipemerintah. "Mubarak didakwa menjadi pihak yang bertanggung jawab," kata pihak Pengadilan Kriminal Kairo dalam pernyataannya.

Nantinya, dalam persidangan itu, akan duduk pula sebagai terdakwa adalah dua anak Mubarak, Alaa dan Gamal, mantan Menteri Dalam Negeri Mesir Habib al-Adli, dan tujuh mantan petinggi kepolisian Mesir. Terdakwa lainnya adalah konglomerat Hussein Salem yang kini melarikan diri. "Mereka juga akan didakwa melakukan korupsi," kata pengadilan tersebut.

Sebelumnya, Hosni Mubarak dan Adli sudah divonis hukuman penjara seumur hidup pada Juni 2012 atas pembunuhan para pengunjuk rasa pada 2011 silam. Mubarak sudah tiga dekade memimpin Mesir. Ia lengser lantaran protes akbar rakyat Mesir pada Januari 2011.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.