Kompas.com - 10/06/2013, 18:13 WIB
EditorErvan Hardoko

NEW YORK, KOMPAS.com - Jumlah anak yang tidak memiliki akses ke sekolah di seluruh dunia menurun hingga 57 juta orang, tetapi kemajuan ini tampaknya tidak akan memenuhi target pembangunan milenium.

Data yang dikeluarkan oleh Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO) menunjukkan jumlah anak yang tidak memiliki akses ke sekolah turun dari 61 juta orang pada 2010 menjadi 57 juta orang pada 2011.

"Kita berada di titik persimpangan yang kritis," kata Direktur UNESCO Irinia Bokova seperti dilaporkan wartawan BBC Sean Coughlan.

Lebih dari 50% jumlah anak yang tidak memiliki akses ke sekolah terdapat di kawasan sub-Sahara Afrika.

Berdasarkan laporan tahunan terbaru beberapa negara, termasuk Nigeria, mengalami kondisi memburuk, bukannya membaik. 

Di bawah target

Sebaliknya, kawasan Asia selatan dan Asia tengah mengalami kemajuan berarti. Jumlah anak yang tidak bersekolah di dua kawasan itu turun dua pertiga selama dua dekade.

Namun penurunan jumlah anak tanpa akses ke sekolah itu diperkirakan tidak cukup besar agar bisa memenuhi target pembangunan milenium untuk pendidikan dasar secara keseluruhan pada 2015.

Target pembangunan milenium untuk pendidikan dasar universal yang ditetapkan oleh para pemimpin dunia mungkin akan diubah karena target semula kemungkinan tidak akan tercapai.

Pembahasan mengenai penggeseran target, lapor Sean Coughlan, telah dilakukan beberapa kali sejauh ini.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.