Kompas.com - 10/06/2013, 15:59 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Saat menyiapkan acara liburan, biasanya orang hanya mengutamakan masalah tiket dan akomodasi tetapi melupakan soal makanan. Akibatnya saat berlibur program diet biasanya berantakan.

"Padahal pola makan sehat ini bisa kita siasati. Dengan persiapan yang cukup travelling sambil tetap makan sehat bukan tidak mungkin," kata Jacqueline Banks, pakar kesehatan holistik.

Mau tahu persiapannya? Berikut tipsnya

1. Belanja makanan sehat
Ketika sudah sampai tujuan pastikan untuk segera belanja panganan sehat. Pilihlah snack ukuran kecil sehingga mudah disimpan di tas atau kantong.

Beberapa jenis panganan sehat yang dianjurkan antara lain kacang-kacangan, buah kering, atau buah-buahan segar dari pasar lokal.

2. Makan sebelum melakukan perjalanan udara
Sebelum naik pesawat atau bis, makanlah terlebih dahulu. Lebih baik pilih yang mengandung protein agar perut lebih kenyang sehingga Anda tidak tergoda untuk mengasup makanan kecil yang sebenarnya berkalori tinggi.

3. Bawa bekal selama perjalanan darat
Tidak ada ruginya membeli cooler box berukuran kecil untuk perjalanan dengan mobil. "Cooler box yang penuh berisi buah dan sayur akan mencegah traveller mengunjungi gerai makanan siap cepat saji," kata Jacqueline.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika memilih sandwich sebagai bekal perjalanan, pastikan memilih roti gandum atau bisa dibungkus dengan daun selada. Pilihlah daging yang bebas nitrat.

Kue kecil olahan sendiri, juga bisa menjadi bekal ramah kesehatan selama perjalanan. Bila dalam kondisi sangat lapar di POM bensin, sebaiknya memilih snack yang tinggi protein seperti kacang, buah kering, atau pisang.

4. Pilih menu sehat saat di restoran
Saat bepergian tentu kita ingin memuaskan diri, termasuk soal makanan. Namun memuaskan diri menyulitkan kita saat akan kembali ke pola hidup sehat semula.

Pada saat itu pilihlah makanan yang dipanggang, kukus, atau rebus untuk sumber protein. Khusus untuk sayur pilihlah yang dikukus, sehingga sayur tidak terendam dalam minyak

5. Pilih menu sarapan sehat saat di hotel
Menu sarapan hotel biasanya tinggi gula dan karbohidrat, seperti pancake atau sereal. Jacqueline menyarankan untuk memilih sarapan kaya protein seperti telur dan omelet isi sayuran.

"Jika memungkinkan, mintalah pada petugas hotel untuk mengosongkan kulkas atau mini-bar, sehingga bisa kita isi sendiri dengan buah-buahan," kata Jacqueline.
 

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.