Kompas.com - 10/06/2013, 15:58 WIB
EditorErvan Hardoko

KABUL, KOMPAS.com — Tujuh orang anggota kelompok Taliban yang menyerang bandara Kabul, Senin (10/6/2013), tewas setelah meledakkan diri mereka sendiri. Demikian pernyataan kepolisian Afganistan.

"Ketujuh penyerang, termasuk dua pengebom bunuh diri, meledakkan diri dan lima lainnya tewas dalam baku tembak," kata Kepala Kepolisian Kabul, Mohammad Ayoub Salangi.

"Dalam serangan ini, tidak ada korban dari pihak kepolisian dan kami belum menerima laporan korban warga sipil," tambah Salangi.

Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Afganistan Sediq Sediqi mengatakan, dua warga sipil terluka dalam serangan yang diduga kuat mengincar markas pangkalan udara NATO itu.

Taliban menyatakan bertanggung jawab atas serangan ke bandara Kabul setelah pemberontak melakukan serangan granat dan sempat menguasai dua bangunan di dekat bandara.

Pasukan keamanan Afganistan kemudian menyerbu kedua bangunan itu dan menewaskan tiga penyerang. Sementara empat penyerang lain melanjutkan misinya sebelum akhirnya juga tewas.

Sebagian penyerang yang tewas membawa roket peluncur granat (RPG) dan senapan serbu otomatis.

"Penyerang menguasai dua gedung dan menembaki bandara. Sementara satu mobil berisi bahan peledak berhasil dijinakkan," kata Salangi.

Bandara Kabul ditempati salah satu basis operasional terbesar pasukan NATO yang sudah memerangi Taliban dan kelompok pemberontak Afganistan lain selama 12 tahun terakhir.

Akibat serangan ini, untuk sementara, Bandara Kabul ditutup untuk semua penerbangan.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X