Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masinis Pakai Rok sebagai Bentuk Protes

Kompas.com - 10/06/2013, 09:41 WIB

STOCKHOLM, KOMPAS.COM - Ada-ada saja cara manusia mengakali peraturan. Sejumlah juru mesin kereta komuter di Stockholm, Swedia, beralih mengenakan rok saat bekerja setelah ada larangan untuk mengenakan celana pendek selama musim panas.

Martin Akersten adalah salah satu dari 13 petugas di jalur Roslagsbanan yang melakukan hal nyeleneh tersebut. Kepada surat kabar Mitti, Akersten mengatakan, temperatur di dalam kabin kereta bisa mencapai 33 derajat celsius di musim panas, dan bekerja mengenakan celana panjang menjadi sangat tidak nyaman.

”Tentu saja orang-orang akan memperhatikan Anda saat berada di platform. Kami hanya harus bersikap masa bodoh dan membiasakan diri,” ujarnya.

Arriva, yang mengambil alih kendali operasional jalur komuter tersebut belum lama ini, mengumumkan larangan pemakaian celana pendek itu beberapa waktu lalu.
Menurut Thomas Hedenius, juru bicara Arriva, celana pendek rasanya terlalu santai untuk dikenakan bekerja dibandingkan dengan celana panjang untuk masinis laki-laki dan rok untuk masinis perempuan. Namun, dia menambahkan, melarang juru mesin laki-laki untuk memakai rok akan terasa diskriminatif. Nah lho....

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com