Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencarian 55 Korban Perahu Terbalik Dihentikan

Kompas.com - 10/06/2013, 05:23 WIB
Harry Bhaskara

Penulis

CHRISTMAS ISLAND, KOMPAS.com — Perahu yang diduga mengangkut pencari suaka dalam pelayaran menuju Australia, tenggelam di sekitar Christmas Island. Diperkirakan, tak satu pun dari sekurangnya 55 penumpang yang tertinggal di perahu itu selamat. Upaya pencarian korban telah dihentikan.

Otoritas penjaga pantai Australia (AMSA) menghentikan pencarian lebih dari 55 pencari suaka yang tenggelam setelah perahu mereka terbalik di dekat Christmas Island. Upaya pencarian dimulai pada Rabu (5/6/2013) dan dihentikan Minggu malam (9/6/2013). Penghentian upaya pencarian dilakukan setelah penasihat kesehatan menyatakan tak ada peluang korban selamat setelah berada di lautan dalam waktu selama itu.

Sebanyak 78 orang yang diperkirakan adalah pencari suaka dari Sri Lanka tiba di Christmas Island Minggu siang (9/6/2013), setelah diselamatkan kapal dagang Inggris dari perahu mereka yang tenggelam. Kabar tentang tenggelamnya perahu pencari suaka itu pertama kali diketahui pada Rabu siang.

AMSA mengatakan, diduga jumlah korban lebih dari 55 orang. Diperkirakan selain 55 orang yang diketahui ada di atas perahu yang terbalik, masih ada korban lain ada di bawah kapal. Di antara para korban, terdapat perempuan dan anak-anak.

Seperti dikutip dari pemberitaan ABC News, Senin (10/6/2013), pencarian selama 4 hari melibatkan tiga kapal dan lima pesawat terbang. Setidaknya 13 jenazah terlihat mengapung di air, tetapi tak ada yang diangkat oleh tim.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com