Kompas.com - 09/06/2013, 08:04 WIB
EditorErvan Hardoko

BANGKOK, KOMPAS.com - Kisah soal seekor anjing dan berbagai perilakunya yang menakjubkan seakan tak pernah habis. Kali ini kisah kepahlawanan seekor anjing pintar terjadi di Thailand.

Seekor anjing bernama Pui menemukan seorang bayi di dalam sebuah tak plastik lalu ditinggalkan di tumpukan sampah di tepian sebuah jalan di Bangkok.

Setelah mengendusnya sejenak, Pui lalu membawa tas plastik berisi bayi itu ke majikannya Gumnerd Thongmak. Pui lalu menyalak keras-keras untuk mendapatkan perhatian pemiliknya.

Mendengar gonggongan Pui, keponakan Gumnerd, Sudarat (12), lalu keluar rumah dan membuka tas plastik yang dibawa anjing berwarna coklat itu. Sudarat kemudian melihat sosok bayi perempuan mungil.

Bayi malang itu kemudian langsung dilarikan ke rumah sakit. Dokter mengatakan anak itu lahir dalam kondisi prematur dan hanya berbobot dua kilogram.

Polisi hingga kini masih melacak orangtua bayi tersebut, sementara tim medis terus merawat bayi malang itu. Dokter mengatakan bayi itu dalam kondisi sehat.

"Beruntung Pui menemukan bayi itu. Itu merupakan kejutan bagi kami, karena Pui tak pernah membawa apapun yang ditemukannya di jalan ke rumah. Dia hanya suka menyalak ke arah orang asing," kata Poomrat Thongmak, ibu Sudarat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kini tercatat lima keluarga sudah menghubungi pemerintah karena ingin mengadopsi bayi itu. Semua keluarga penelepon ternyata keluarga yang memiliki anjing.

Aksi heroik Pui ini membuat dia mendapatkan penghargaan kalung kulit dan sebuah medali dari Palang Merah distrik Tha Rua, Bangkok.

Keberuntungan juga menghinggapi Gumnerd, pemilik Pui. Aksi anjing pintar ini membuat pemiliknya mengantungi uang hadiah 200 dolar AS atau hampir Rp 2 juta.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X