Kompas.com - 08/06/2013, 17:22 WIB
EditorEgidius Patnistik

CHELTENHAM, KOMPAS.COM - Usia lanjut tidak mengurangi kegesitan pilot ini. Seorang pria berusia 76 tahun berhasil mendaratkan pesawat ringannya dengan bantuan parasut di taman belakang sebuah rumah di Cheltenham, Inggris tengah.

Pilot tersebut, yang tak mau namanya dipublikasi, berjalan keluar dari pesawat empat kursi Cirrus SR22 yang mendarat darurat itu hanya dengan sedikit luka gores di tubuhnya. Daily Telegraph mengutip saksi mata yang mendengarnya mengatakan ”saya baik-baik saja” saat berjalan keluar dari pesawat.

Pilot itu berhasil menghindari kecelakaan serius dan tak ada seorang pun di darat yang cedera meski seorang pekerja konstruksi harus melompat minggir menghindari pesawat tersebut.

Pesawat itu berjarak 3,2 kilometer dari tujuan, yakni Bandara Gloucestershire, saat mengalami kegagalan mesin. Saksi mata mendengar suara keras, dan parasut mengembang. ”Saya sedang duduk di depan komputer dan suara mesin terdengar nyaring. Lalu terdengar letusan. Saya berlari ke jendela dan melihat pesawat itu terbang rendah menuju halaman belakang rumah saya. Sangat menakjubkan, saya sangat terkejut sehingga tak bisa bergerak,” ujar Fred Greeff, seorang pengemudi bus.
Desmond Creswell (87), mantan operator radio Angkatan Udara Inggris yang tinggal di daerah itu, mengatakan, pilot tua itu adalah seorang pahlawan. Dia berhasil mendaratkan pesawat di lokasi di tengah kota tanpa menabrak bangunan atau orang-orang. Tua-tua keladi....

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.