Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Drone" Amerika Tewaskan 7 Orang di Pakistan

Kompas.com - 08/06/2013, 08:14 WIB

PESHAWAR, KOMPAS.com — Serangan pesawat tak berawak (drone) milik Amerika Serikat menewaskan tujuh orang dan melukai tiga orang lainnya di bagian barat Pakistan, Jumat (7/6/2013). Serangan ini merupakan yang pertama setelah pelantikan Nawaz Sharif menjadi Perdana Menteri Pakistan pada awal pekan ini.

Dalam pidato pelantikan di depan parlemen, Sharif menyerukan penghentian serangan pesawat tak berawak milik Amerika itu. Kehadiran pesawat tanpa awak yang diklaim untuk menyerang gerilyawan Taliban tersebut kerap dianggap sebagai pelanggaran kedaulatan Pakistan.

Meski merupakan serangan pertama setelah pemerintahan baru Sharif, 10 hari sebelumnya drone juga menyerang kawasan itu dan menewaskan komandan kedua Taliban Pakistan, Wali-ur Rehman. Presiden AS Barack Obama mengatakan, bulan lalu, Amerika Serikat akan terus mendukung serangan drone.

Serangan terbaru pada Jumat ini menyasar kompleks di dekat perbatasan Afganistan di wilayah Waziristan Utara. Lokasi ini berjarak sekitar 45 kilometer di sisi barat dari ibu kota wilayah Miranshah. Beberapa sumber menyebutkan, dua peluru kendali digunakan, dan jumlah korban tidak tertutup kemungkinan masih akan bertambah.

Jumlah korban yang jatuh akibat serangan drone sulit diverifikasi. Wartawan asing harus mendapatkan izin dari militer untuk mendatangi wilayah suku Pashtun, yang berada di perbatasan Pakistan dan Afganistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com