Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB Butuh Dana Rp 50 Triliun untuk Tangani Suriah

Kompas.com - 07/06/2013, 21:33 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Jumat (7/6/2013), menyampaikan permintaan bantuan terbesar yang pernah diajukan, yaitu 5,2 miliar dollar AS untuk mendanai operasinya di Suriah dan negeri-negeri tetangganya.

Operasi itu diperlukan untuk menangani para pengungsi yang menjadi korban konflik brutal yang sudah berlangsung selama dua tahun di negeri itu.

"Angka sebesar itu merupakan ekspresi dari peringatan buruknya situasi yang dihadapi warga Suriah," kata juru bicara badan urusan pengungsi UNHCR, Adrian Edwards.

Sejauh ini, PBB baru mendapatkan dana sebesar 1 miliar dollar AS, sejak permintaan bantuan ini disampaikan akhir tahun lalu.

Konflik bersenjata Suriah yang sudah berlangsung selama dua tahun telah memakan korban tewas lebih dari 94.000 orang dan 1,6 juta warga Suriah kini berstatus pengungsi.

Para pengungsi Suriah kini memadati beberapa kamp pengungsian di Lebanon, Turki, Irak, dan Jordania. Negara-negara itu kini menghadapi banyak kesulitan dalam menangani banjir pengungsi dari Suriah.

Bahkan, salah satu kamp pengungsi di Jordania menampung warga Suriah dengan jumlah yang sama dengan penduduk kota terbesar kelima di negeri itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com