Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tahun Lagi, Thailand dan China Terhubung dengan KA

Kompas.com - 07/06/2013, 17:43 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Thailand mulai melakukan sosialisasi pembangunan infrastruktur rel kereta api (KA) cepat. Kelak, tujuh tahun ke depan, kata Menteri Transportasi Thailand Chadchart Sittipunt. "Jaringan KA itu akan melewati kawasan Utara Laos," kata Sittipunt di Bangkok sebagaimana warta laman Bangkok Post pada Jumat (7/6/2013).

Sittipunt mengemukakan gagasan negaranya itu dalam sebuah seminar dan pameran bertajuk Thailand 2020. Kelak, di Provinsi Nakorn Ratchasima, timur laut Thailand akan dibangun jaringan KA cepat sepanjang 625 kilometer, yang menghubungkan Bangkok dan Provinsi Nong Khai.

Menurut Sittipunt, jaringan KA cepat itu akan menyeberangi Sungai Mekong dari arah Vientiene, ibu kota Laos. Sementara itu, infrastruktur KA cepat China akan datang dari arah selatan China.

Menurut Sittipunt, dana yang dibutuhkan untuk proyek itu sekitar 730 miliar dollar AS. Jaringan itu akan menghubungkan seluruh Thailand pula. Untuk tahap pertama, jaringan sepanjang 250 kilometer antara Bangkok dan Nakorn Ratchasima akan dibangun lebih dulu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com