Kompas.com - 07/06/2013, 14:23 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Ternyata, dua bulan menjelang 30 tahun berumah tangga bukan jaminan bagi Presiden Vladimir Putin dan istrinya, Lyudmila, mempertahankan pernikahan. Juru Bicara Putin, Dmitry Peskov, mengatakan bahwa pada akhirnya pasangan itu bercerai.

Warta AP pada Jumat (7/6/2013) menyebutkan, kedua pasangan itu sejatinya jarang bersama di depan publik. "Keduanya akhirnya mengumumkan perceraian. Itulah yang terjadi," kata Peskov.

Uniknya, media massa Rusia mengisyaratkan kalau pengumuman perceraian pasangan itu secara terbuka seolah menjadi hal baru di Negeri Beruang Merah.

Di Rusia, perceraian yang melanda pejabat publik seolah hal tabu untuk diberitakan kepada khalayak. Makanya, tabloid paling laris di Rusia, Moskovsky Komsomolets, dalam salah satu tulisannya mengatakan bahwa pengumuman perceraian Vladimir Putin seperti mengungkap tabu.

Pejabat-pejabat Rusia lazimnya menyimpan kehidupan pribadinya dari masyarakat umum. Tak mengherankan bila kemudian pengumuman perceraian Putin beberapa waktu ke depan bakal menjadi pembicaraan umum.

Lebih lanjut, pengumuman perceraian Putin pun mendapat kesan positif dari kelompok oposisi. Radio Komersant, misalnya, dalam salah satu siarannya mengatakan, pengumuman perceraian itu untuk menjaga agar masyarakat tetap mendapatkan informasi sebenarnya. Radio itu menilai pengumuman yang terbuka akan lebih baik ketimbang memberi informasi ke masyarakat kalau Presiden Putin dan istrinya "menjalani dua kehidupan".



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X