Kompas.com - 07/06/2013, 14:17 WIB
EditorErvan Hardoko

TOKYO, KOMPAS.com - Presiden Perancis Francois Hollande, Jumat (7/6/2013), menuntut para penculik agar membebaskan dua wartawan Perancis yang hilang di Suriah.

Reporter radio Europe 1 Didier Francois dan fotografer Edouard Elias hilang dalam perjalanan menuju kota Aleppo di wilayah utara Suriah.

Hollande, yang sedang melakukan kunjungan kerja tiga hari di Jepang, mengatakan, kontak dengan kedua jurnalis itu tidak bisa dilakukan saat ini.

"Saya mendesak pembebasan para jurnalis ini karena mereka tidak mewakili negara manapun," kata Hollande dalam jumpa pers bersama dengan PM Shinzo Abe.

"Kedua orang ini bekerja mencari informasi untuk seluruh dunia. Jurnalis harus diperlakukan layaknya jurnalis," tambah Hollande.

Namun, Hollande tidak mau memberikan informasi tambahan terkait kedua jurnalis itu karena khawatir akan membahayakan keselamatan mereka.

Sementara itu, juru bicara radio Europe 1 mengatakan pemerintah Perancis melakukan segala upaya untuk mencari informasi keberadaan kedua jurnalis tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejak perang saudara pecah di Suriah dua tahun lalu, negeri ini menjadi salah satu tempat paling berbahaya untuk wartawan.

Pada April lalu empat jurnali Italia juga diculik di Suriah. Mereka akhirnya dibebaskan setelah ditahan selama hampir sepekan.

Satu wartawan Italia, Domenico Quirico, yang hilang di Suriah dua bulan lalu, pada Kamis (6/6/2013), menhubungi istrinya lewat telepon menandakan dirinya masih dalam kondisi yang baik. Demikian laporan harian terbitan Turin, La Stampa.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.