Kompas.com - 07/06/2013, 11:32 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

MALANG, KOMPAS.com — Per Kamis (6/6/2013) kemarin, harga jengkol di pasar tradisional di Malang, Jawa Timur, mencapai Rp 60.000 per kilogram dan harga petai seharga Rp 150.000 per kilogram.

Sejak harga melangit, keberadaan keduanya raib di pasaran. "Sejak hari ini, keberadaan petai dan jengkol di beberapa pasar tradisional Kota Malang sudah langka. Ada stok tapi sedikit. Ya, nyaris kosong. Kalaupun ada, harganya melebihi harga daging sapi," jelas Tinok, seorang pedagang jengkol di pasar Merjosari, Kota Malang, kepada Kompas.com, Jumat (7/6/2013).

Sebelumnya, kata Tinok, harga jengkol per kilogram seharga Rp 20.000. Sementara itu harga petai hanya 15.000 per ikatnya. "Meski bukan salah satu kebutuhan pokok, namun bagi sebagian orang, petai dan jengkol merupakan makanan yang digemari, karena sensasi rasanya dan aromanya yang menggugah selera," aku Tinok.

Lebih lanjut, Tinok mengaku, dirinya sudah mencari jengkol dan petai yang langka di pasar tradisional di Malang. "Saya ada, tapi stoknya terbatas. Saya cari di pasaran sudah tidak ada," kata dia.

Berdasarkan pantauan pagi ini di pasar tradisional Merjosari, Kota Malang, hampir semua penjual sayur-mayur dan bumbu mengaku sudah tidak menjual petai dan jengkol. "Sejak tiga hari ini saya tidak menjual petai dan jengkol. Karena langka dan harganya cukup tinggi," kata Siyanti, pedagang sayur-mayur di Pasar Merjosari.

"Kalaupun ada, saat ini harga petai sudah mencapai Rp 150.000 per kilogram. Ini sudah melebihi harga daging sapi. Padahal jika lagi musim, harga petai hanya Rp 15.000 per ikat. Langka karena belum musim petai dan jengkol," ujarnya.

Siyanti memperkirakan petai dan jengkol baru musim pada pertengahan Agustus atau pada saat Ramadhan nanti. "Jelang puasa petai dan jengkol baru musim," kata Siyanti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.