Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Presiden Rusia Umumkan Perceraiannya...

Kompas.com - 07/06/2013, 06:45 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Presiden Rusia Vladimir Putin memperlihatkan salah satu aksi paling berani dalam kemampuan "berakting". Dalam satu malam, Putin menghadiri sebuah pertunjukan balet bersama istrinya yang jarang terlihat, kemudian muncul di muka publik, tersenyum, dan mengumumkan bahwa pernikahan mereka telah berakhir.

Akhir dari perkawinan Presiden Rusia dengan Lyudmila Putina hanya berjarak kurang dari dua bulan ulang tahun ke-30 kebersamaan mereka. Putin muncul di televisi negara, Kamis (6/6/2013) malam, dimulai dengan model seorang suami ideal yang menggandeng istrinya mengambil selingan berseni.

Sesudah pertunjukan "Esmeralda" di Great Kremlin Palace, Putin dan istrinya datang ke sebuah ruang mewah yang telah disediakan untuk berbicara kepada para wartawan. "Excellent. Musik besar, produksi yang sangat baik," kata Putin dan Lyudmila, memuji pertunjukan.

Tak berselang lama, wartawan meminta konfirmasi tentang rumor yang menyebutkan pasangan pemimpin tertinggi Rusia ini tak lagi hidup bersama. Reaksinya? Putin tersenyum sedikit. Lalu, seperti anak nakal yang tertangkap, dia menoleh kepada Lyudmila sembari berkata, "Jadi, beginilah."

Jawaban mengambang itu mengundang rangkaian pendapat dan pertanyaan lanjutan. Akhirnya, Putin berkata, "Saya takut untuk mengatakan kata ini, 'perceraian'." Bantuan pun datang dari Lyudmila, "Ya, ini adalah perceraian beradab," kata Lyudmila.

Cara aneh ini...

Para pengamat menilai pengumuman perceraian dengan format ini adalah untuk menggarisbawahi keputusan tersebut bukan semata soal orang kuat menyingkirkan pendamping yang sangat setia. Format pengumuman ini dinilai sebagai langkah strategis bagi Putin, yang dicitrakan kepada publik sebagai sosok jujur dengan latar belakang nilai-nilai tradisional. Sebab, pada 2008, sebuah tabloid pernah menulis bahwa Putin sudah bercerai dengan Lyudmila dan berencana menikahi seorang pesenam berumur kurang dari setengah usia Putin.

Kantor berita Interfax mengutip juru bicara kepresidenan Dmitry Peskov yang mengatakan perceraian belum diformalkan. Pernyataan Putin seusai menonton balet itu disebut hanya pengumuman keputusan untuk bercerai.

Perceraian adalah fenomena umum di Rusia. Hampir 700.000 pasangan bercerai di negara ini pada 2009 berdasarkan data Unicef. Olga Kryshtanovskaya, seorang sosiolog yang mempelajari elite politik Rusia, mengatakan, perceraian mungkin tidak akan menyakiti Putin di mata publik—selama dia tidak mengambil "istri piala". "(Tapi) jika seorang istri muda muncul, reaksi di masyarakat mungkin sangat berbeda," katanya dalam sebuah artikel di surat kabar Komsomolskaya Pravda seperti tercantum dalam situsnya.

Pemimpin Rusia, seperti rekan-rekan Amerika mereka, umumnya menjaga kehidupan rumah tangga mereka terlihat baik dari pandangan publik. Lyudmila Putina (55) jarang terlihat di depan umum selama masa yang panjang suaminya berkiprah di dunia atas politik Rusia. "Saya tidak suka publisitas dan terbang sulit bagi saya," kata sang mantan pramugari Aeroflot.

Sebaliknya, Putin (60) justru terus berusaha mendapatkan sorotan. Kegemarannya adalah beragam kegiatan "macho" mendatangkan kekaguman sekaligus ejekan untuknya, dan konferensi persnya selama empat jam di televisi sudah menjadi legenda. "Semua kegiatan saya, semua pekerjaan saya, dihubungkan dengan publisitas. Publisitas mutlak. Beberapa orang seperti itu, beberapa orang tidak. Tetapi, ada orang-orang yang benar-benar tidak tahan," kata Putin.

Lyudmila mengatakan, Putin adalah pria yang berdedikasi pada negaranya. Sementara Putin menyebut Lyudmila telah sangat sabar mendampinginya dalam tiga periode kepemimpinannya meski bukan periode berurutan. Mereka menikah pada 28 Juli 1983, mendapatkan dua anak perempuan Maria dan Yekaterina, yang juga tak banyak muncul ke publik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com