Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Ingin Seluruh Oposisi Suriah Ikut Berunding

Kompas.com - 06/06/2013, 20:20 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Rusia ingin seluruh kelompok oposisi Suriah ikut berunding dalam konferensi internasional yang disiapkan Rusia, PBB, dan AS. Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan hal itu pada Kamis (6/6/2013) sebagaimana warta Xinhua.

"Rusia percaya seluruh kelompok oposisi Suriah memberikan pandangan mereka untuk ikut menjamin keamanan, stabilitas, dan persamaan hal seluruh kelompok etnis dan agama di Suriah,"kata Lavrov di Moskwa.

Saat ini, kata Lavrov, ada kesan kelompok oposisi Suriah tidak dalam satu kata. Pasalnya, masih banyak kelompok itu yang memiliki perbedaan pandangan.

Lavrov menegaskan, konferensi mendatang yang bakal dihelat di Vienna, Swiss, sejatinya menjadi satu-satunya awal untuk memulai proses perdamaian di Suriah. "Memang agak sulit untuk menuntaskan masalah Suriah dalam satu kali konferensi,"ujarnya.

Lebih lanjut Lavrov menambahkan diperlukan penyelidikan mendalam atas penggunaan senjata kimia saat bentrokan kelompok oposisi versus pemerintah di Kota Aleppo. Kejadian itu berlangsung pada 19 maret 2013 lalu.
 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com