Kompas.com - 06/06/2013, 15:34 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Program internet pemerintah Korea Utara (Korut) memang sudah menyediakan akses siaran langsung televisi. Namun, program itu masih dibatasi, termasuk buletin beritanya. Informasi ini muncul di laman Facebook resmi program itu sebagaimana warta AFP pada Kamis (6/6/2013).

Korut kini mulai memanfaatkan media internet dan sosial media. Sementara kalangan menilai upaya ini dimanfaatkan untuk propaganda pemerintah.

Televisi Korut (KCTV) dalam program internet itu memulai siaran pukul 17.00, Kamis. Berita pertama adalah kunjungan pemimpin Korut Kim Jong-Un ke sebuah pertanian budidaya jamur.

Program internet pemerintah Korut melalui laman Uriminzokkiri juga memiliki akun di Twitter dan Flickr. Biasanya, melalui media sosial itu, Pyongyang melancarkan kritik kepada Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat.

Sementara, Korsel mengeblok siaran dari Korut. Seoul pun melarang warganya mengakses laman dari Korut. "Tayangan dari Korut merusak hukum keamanan nasional,"begitu suara pemerintah Korsel.

Korut memunyai layanan intranet dengan pengguna terbatas. Analis sosial media mengatakan akses itu pun hanya dinikmati oleh para elite penguasa yang jumlahnya paling banter seribu orang.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.