Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia AirAsia Datangkan Airbus A320 "Sharklet"

Kompas.com - 06/06/2013, 14:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia AirAsia akhirnya mendatangkan armada baru Airbus A320, yang dilengkapi dengan perangkat wing tip bernama "Sharklet" untuk pertama kalinya.

Pesawat satu lorong paling ramah lingkungan di dunia ini datang langsung dari Pabrik Airbus yang berada di Toulouse, Perancis. Indonesia AirAsia menjadi operator pertama di tanah air yang mengoperasikan pesawat yang dapat menghemat bahan bakar lebih banyak ini.

Dharmadi, Presiden Direktur AirAsia Indonesia, mengatakan pesawat ini istimewa karena dilengkapi dengan perangkat wing tip bernama sharklet. Wing tip dengan desain terbaru ini dapat menghemat bahan bakar serta mengurangi emisi dengan meningkatkan aerodinamika pesawat secara signifikan.

Pesawat ini bisa memangkas biaya hingga sekitar 4 persen, sharklet memungkinkan bertambahnya fleksibilitas sampai sekitar 100 nautical miles atau meningkatkan kapabilitas payload hingga 450 kilogram.

"Hal tersebut tentunya akan dapat membantu kami dalam menghemat biaya operasional,” kata Dharmadi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/6/2013).

Airbus A320 sharklet ini merupakan pesawat ke-23 milik Indonesia AirAsia dan akan melayani rute-rute penerbangan dari Medan. Sebelumnya Indonesia AirAsia telah memiliki 22 pesawat Airbus A320 yang beroperasi di 6 hub, yaitu Jakarta, Bandung, Medan, Bali, Surabaya, dan Makassar.

Dengan bertambahnya jumlah pesawat, maka perseroan dapat semakin memperluas layanannya baik di pasar domestik maupun internasional.

“Kami berencana untuk terus menambah jumlah pesawat guna memenuhi permintaan pasar, karena masih banyak destinasi menarik baik di dalam maupun luar negeri yang belum kami layani. Hingga akhir tahun 2013, kami akan memiliki 29 pesawat,” tambah Dharmadi.

Kehadiran pesawat baru yang istimewa ini dirayakan oleh segenap karyawan Indonesia AirAsia terutama di Jakarta. Para karyawan mengabadikan momen bersejarah tibanya Airbus A320 sharklet pertama milik perusahaan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkarang, Jakarta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com