Kompas.com - 06/06/2013, 09:08 WIB
EditorPalupi Annisa Auliani

WASHINGTON, KOMPAS.com - Badan-badan intelijen Amerika Serikat mendeteksi tiga kapal amfibi Rusia di lautan timur Mediterania. Diduga, kapal-kapal ini mengangkut komponen rudal S-300 untuk Suriah.

Pejabat Pentagon yang menolak disebutkan namanya karena kesensitifan informasi ini, dikutip CNN mengatakan satelit Amerika Serikat mendeteksi kapal-kapal tersebut meninggalkan pelabuhan Rusia beberapa hari lalu. Dari data yang sama, ada indikasi pemuatan kontainer yang diperkirakan berisi suku cadang rudal S-300 di kapal itu.

Rusia telah memicu kontroversial karena berniat mengirimkan rudal S-300 untuk Pemerintah Suriah. Senjata yang disebut punya kemampuan setara rudal Patriot milik Amerika Serikat ini, dikhawatirkan akan semakin memperkuat persenjataan Suriah sekaligus memperlebar jarak jelajah persenjataan mereka.

Pejabat itu mengatakan pelacakan satelit tak melihat ada pemuatan helikopter ke kapal selam Rusia. Meskipun diyakini Suriah juga berniat menambah armada helikopter mereka. Sebelumnya, Rusia sudah membangun jalur rutin angkatan laut di perairan timur Mediterania, yang membuat mereka bebas bergerak keluar masuk pelabuhan Tartous.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.