Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rudal S-300 Sudah Merapat ke Suriah?

Kompas.com - 06/06/2013, 09:08 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Badan-badan intelijen Amerika Serikat mendeteksi tiga kapal amfibi Rusia di lautan timur Mediterania. Diduga, kapal-kapal ini mengangkut komponen rudal S-300 untuk Suriah.

Pejabat Pentagon yang menolak disebutkan namanya karena kesensitifan informasi ini, dikutip CNN mengatakan satelit Amerika Serikat mendeteksi kapal-kapal tersebut meninggalkan pelabuhan Rusia beberapa hari lalu. Dari data yang sama, ada indikasi pemuatan kontainer yang diperkirakan berisi suku cadang rudal S-300 di kapal itu.

Rusia telah memicu kontroversial karena berniat mengirimkan rudal S-300 untuk Pemerintah Suriah. Senjata yang disebut punya kemampuan setara rudal Patriot milik Amerika Serikat ini, dikhawatirkan akan semakin memperkuat persenjataan Suriah sekaligus memperlebar jarak jelajah persenjataan mereka.

Pejabat itu mengatakan pelacakan satelit tak melihat ada pemuatan helikopter ke kapal selam Rusia. Meskipun diyakini Suriah juga berniat menambah armada helikopter mereka. Sebelumnya, Rusia sudah membangun jalur rutin angkatan laut di perairan timur Mediterania, yang membuat mereka bebas bergerak keluar masuk pelabuhan Tartous.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com