Kompas.com - 06/06/2013, 07:54 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

BANDUNG, KOMPAS.com — Setelah jengkol "menghilang" di pasaran, petai pun mulai langka di Kota Bandung, Jawa Barat. Padahal, petai merupakan salah satu komoditas favorit warga Kota Bandung untuk dijadikan lalapan.

"Petai juga tidak ada yang jualan, habis susah dapatnya. Mungkin karena memang lagi nggak musim," kata Atmiyati (51), salah seorang pedagang sayuran di Pasar Cihaurgeulis, Kota Bandung, Rabu (5/6/2013). Selain langka, ujar dia, harga petai pun melonjak dari biasanya, Rp 1.500 per tangkai atau biasa disebut per papan, menjadi Rp 5.000 per papan."Kalau yang besar bisa lebih dari lima ribu rupiah satu papan," ujarnya.

Kondisi serupa juga dijumpai di pasar Kosambi. Sariyah (58), salah satu pedagang sayuran, mengatakan, harga petai bersaing dengan jengkol. "Sama seperti jengkol, petai juga nggak ada biasanya saingan harganya. Tapi, kalau petai, sepertinya masih ada di pasar induk (Caringin)," katanya.

Dari pantauan Kompas.com, petai setidaknya benar-benar jadi dagangan langka di Pasar Kosambi. Kompas.com sempat berkeliling dari satu kios ke kios di pasar ini untuk memastikan kabar kelangkaan petai menyusul jengkol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.