Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Belum Kirim Rudal S-300

Kompas.com - 04/06/2013, 19:58 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Meski kontrak pengiriman sudah diteken, Rusia belum mengirimkan rudal canggih S-300 kepada pemesannya, Suriah. Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan hal itu di Yekaterinburg, Rusia, saat berjumpa dengan para pemimpin Uni Eropa, sebagaimana warta Itar-TASS pada Selasa (4/6/2013). "Kontrak memang sudah ditandatangani lama, tapi memang belum direalisasikan," begitu kata Putin.

Menurut Vladimir Putin, Rusia amat menjaga keseimbangan regional di Timur Tengah. "Rusia kembali mengingatkan, intervensi militer asing dalam krisis Suriah justru akan makin memperkeruh suasana," imbuh Putin.

Sebelumnya, Presiden Suriah Bashar Al-Assad, menurut penjelasan Putin, memang mengisyaratkan agar pengiriman rudal S-300 segera diwujudkan. Sementara itu, sebulan silam, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sempat bertandang ke Moskwa untuk meminta agar pengiriman rudal itu ke Suriah dibatalkan.

Putin memang setuju kalau ada pihak yang mengatakan rudal S-300 adalah mesin perang canggih untuk penjagaan pertahanan udara. "Rudal S-300 paling bagus, mungkin," begitu Putin menanggapi dengan kesan enteng.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com