Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Microsoft Mengolok-olok iPad

Kompas.com - 04/06/2013, 09:50 WIB

KOMPAS.com — Microsoft agaknya sedang agresif di pasaran tablet. Setelah mengeluarkan rentetan iklan yang mengejek iPad bikinan Apple, raksasa software tersebut kini meluncurkan sebuah situs khusus yang menyajikan perbandingan iPad dengan tablet berbasis Windows 8.

Seperti dikutip dari The Verge, dalam situs tersedia empat tablet Windows 8 yang bisa dijadikan pembanding iPad (generasi ke-4, 64GB), yaitu Asus VivoTab Smart, Dell XPS 10, Hy Envy x2, dan Surface buatan Microsoft sendiri.

Sejumlah parameter dalam perbandingan sepintas tampak "adil", misalnya daya tahan baterai, bobot, kemampuan multi-tasking dan ukuran layar.

Namun, Microsoft juga memasukkan keberadaan aplikasi Office pada Windows 8 sebagai salah satu poin keunggulan platform tersebut, sementara iPad disebutkan hanya memiliki aplikasi OneNote.

Microsoft tak lupa mencantumkan harga masing-masing perangkat di akhir perbandingan, di mana banderol keempat tablet Windows 8 digambarkan lebih rendah daripada iPad 64GB. Microsoft sepertinya ingin menunjukkan betapa mahalnya harga iPad dibanding tablet Windows 8.

Selengkapnya, situs tersebut bisa dikunjungi lewat tautan ini.

Menurut data kuartal pertama 2013 dari IDC, tablet Windows 8 mencatat pertumbuhan shipment 700 persen dibandingkan tahun sebelumnya, dengan pangsa pasar 3,3 persen yang juga meningkat dari 1 persen pada kuartal pertama 2012.

Namun, platform Windows yang duduk di urutan ketiga dalam pasaran tablet masih tertinggal jauh dari Android dan iOS (iPad) yang masing-masing memiliki pangsa 56,5 persen dan 39,6 persen.

Akan berhasilkah upaya Microsoft mendorong pertumbuhan tablet Windows 8 dengan menyerang langsung pesaingnya? 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com