Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/06/2013, 09:02 WIB

KABUL, KOMPAS.COM — Para anggota Taliban Afganistan mengatakan, mereka telah bertemu dengan sejumlah pejabat dan ulama di Iran, meskipun ada perbedaan ideologi yang mendalam.

Sebagian analis memandang langkah tersebut sebagai bagian dari upaya Iran untuk meningkatkan pengaruhnya di Afganistan, sementara pasukan internasional bersiap-siap untuk meninggalkan negara itu.

Menurut pernyataan Taliban yang dikeluarkan di Kabul hari Senin (3/6/2013), dua kelompok militan Taliban baru-baru ini berkunjung ke Iran atas undangan Pemerintah Iran. Kelompok pertama melakukan kunjungan yang tidak dijelaskan selama tiga hari, sementara kelompok kedua ikut dalam sebuah konferensi Islami.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Afganistan Janan Mosazai tidak banyak berkomentar mengenai laporan perundingan itu. Mosazai mengatakan, Pemerintah Afganistan menghubungi Iran untuk mengonfirmasi laporan-laporan tentang pertemuan tersebut, tapi sebelum mendapat jawaban. Menurutnya tidak perlu komentar lebih jauh mengenai isu ini.

Para analis berbeda pandangan mengenai dampak kontak-kontak antara Iran dan pemberontak Taliban, yang telah berperang melawan Pemerintah Kabul dan sekutu internasionalnya. Iran dan Taliban sama-sama membenci Amerika.

Davood Moradian, mantan penasihat kebijakan senior Presiden Afganistan Hamid Karzai, mengatakan, kontak-kontak itu diam-diam sudah berlangsung lama. Namun, ia mengatakan, perkembangan terakhir itu mencemaskan Afganistan karena tampaknya Taliban berupaya menunjukkan dirinya sebagai pilihan politik yang kuat terhadap pemerintah yang sekarang.

"Sangat disayangkan karena menyepelekan Pemerintah Afganistan. Kini Taliban dianggap atau setara dengan pemerintah, bersaing dengan pemerintah pusat di Kabul dan Afganistan tidak bisa menerima pemerintah de facto yang berbasis di Qatar," ujar Moradian.

Pemerintah Afganistan dan Amerika berharap bahwa dengan mendukung dibukanya kantor perwakilan Taliban di Qatar, perundingan damai bisa diadakan di sana untuk merundingkan diakhirinya kekerasan di Afganistan. Sejauh ini, perundingan damai tersebut belum terlaksana. Sebaliknya serangan-serangan musim semi lebih brutal tahun ini.

Laporan-laporan mengenai perundingan di Iran muncul selagi Taliban dan kelompok-kelompok militan lainnya meningkatkan serangan-serangan terhadap pasukan keamanan Afganistan.

Hari Senin, penyerang bunuh diri yang tampaknya menarget konvoi militer Amerika di Afganistan timur meledakkan bom yang menewaskan anak-anak sekolah dan tentara internasional.

Pasukan perang internasional dijadwalkan untuk meninggalkan Afganistan akhir tahun 2014. Serangan-serangan terakhir dipandang sebagai ujian bagi pasukan keamanan Afganistan menjelang penarikan pasukan internasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com