Kompas.com - 03/06/2013, 20:45 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Meski sudah membeli gas dari perusahaan Jerman RWE melalui pipa di jalur Polandia, Hongaria, dan Slovakia, Ukraina ingin membeli gas dari Romania. Adalah perusahaan gas milik Pemerintah Ukraina, Naftogaz, yang mengutarakan kehendak itu. "Kami sedang bernegosiasi dengan Romania," kata Deputi Kepala Naftogaz Vadym Chuprun di Kyiv sebagaimana warta Xinhua pada Senin (3/6/2013).

Sampai kini, Ukraina membeli gas dari pasar Eropa untuk mengurangi ketergantungan dari suplai gas Rusia. Harga gas yang dibeli Ukraina dari pasar Eropa itu 426 dollar AS per seribu meter kubik pada kuartal kedua 2013.

Sampai akhir tahun ini, Ukraina bakal merealisasikan impor gas sebesar 27,3 miliar meter kubik gas alam. Dari jumlah itu, 18 miliar meter kubik berasal dari perusahaan gas milik Pemerintah Rusia, Gazprom. Lalu, pasokan 1,3 miliar meter kubik gas dari RWE. Terakhir, Ukraina membeli 8 miliar meter kubik gas dari perusahaan Siprus, Ostchem.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.