Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Presiden Taiwan Coba Bunuh Diri di Penjara

Kompas.com - 03/06/2013, 16:08 WIB

TAIPEI, KOMPAS.com — Mantan Presiden Taiwan Chen Shui-bian dilaporkan melakukan upaya bunuh diri di sel tahanannya di Penjara Taichung.

Dalam sebuah pernyataan Kementerian Kehakiman Taiwan, Chen Shui-bian ingin menghabisi hidupnya sendiri pada Minggu (2/6/2013) malam waktu setempat.

Dia berupaya gantung diri dengan menggunakan handuk di kamar mandi penjara, tetapi dapat dihentikan oleh sipir penjara. Dia kini dilaporkan dalam kondisi stabil.

Chen Shui-bian (62) menjabat presiden pada periode 2000-2008 dan tengah menjalani masa 20 tahun penjara dalam kasus korupsi.

Chen disebut mencoba bunuh diri sebagai protes atas kasus korupsi yang dituduhkan kepadanya.

Dia dinyatakan bersalah melakukan korupsi karena menggunakan dana khusus kepresidenan untuk melakukan diplomasi rahasia Taiwan.

Sebelum melakukan upaya bunuh diri, Chen juga beberapa kali menjalani perawatan medis akibat masalah kesehatan, termasuk sakit jantung yang dideritanya.

Chen meninggalkan partainya, Progresif Demokratik, atas keinginannya sendiri seusai menyelesaikan jabatan kepresidenan pada tahun 2008.

Pekan lalu Chen mengumumkan rencana untuk kembali ke partai. Namun, pemimpin Partai Progresif Demokratik telah menegaskan bahwa kembalinya Chen dikhawatirkan akan merusak upaya partai untuk membersikan diri dari aura korupsi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com