Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Qaeda Buka Layanan Keluhan Warga di Raqqa, Suriah

Kompas.com - 03/06/2013, 15:52 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com — Kelompok Al Qaeda mendirikan sebuah departemen yang menampung keluhan warga setelah menguasai kota Raqqa, Suriah, demikian dilaporkan harian The Telegraph, Senin (3/6/2013).

Pernyataan kelompok Al Qaeda Semenanjung Arab (AQAP) diumumkan di kota Raqqa pekan ini sekaligus menyatakan kantor itu sudah bisa menerima keluhan publik.

"Siapa saja yang memiliki keluhan terkait elemen negara Islam, apakah itu keluhan terhadap Emir atau serdadu biasa, dapat mengajukan keluhan di setiap kantor negara Islam. Keluhan itu harus diajukan tertulis, disertai rincian dan bukti," demikian isi pengumuman Al Qaeda.

Selain menjamin warga bisa mengajukan keluhan, Al Qaeda juga menegaskan bahwa para pelaku kejahatan atau pelanggar hukum akan menjalani peradilan.

"Kami berjanji akan memastikan siapa pun yang melakukan pelanggaran akan diajukan ke pengadilan Syariah Irak dan Al Sham (Suriah)," lanjut pernyataan itu.

Pengumuman ini ditandatangani Emir Raqqa, gelar yang biasa diklaim oleh pimpinan Al Qaeda di Suriah.

Dua bulan lalu Al Qaeda berhasil merebut kota Raqqa dan menjadikan kota itu sebuah ibu kota provinsi pertama yang seluruhnya jatuh di tangan kelompok oposisi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com